Minggu, 17 Mei 2009

Manchester United Rebut Gelar Ke-18


[ Minggu, 17 Mei 2009 ]

MANCHESTER - Perburuan gelar Premier League Inggris 2008/2009 berakhir tadi malam (16/5). Manchester United mengunci gelar itu setelah bermain imbang 0-0 dengan Arsenal di Stadion Old Trafford. Meski hanya menambah satu poin, posisi United di pucuk klasemen tidak mungkin dikejar klub lain.

Premier League memang masih menyisakan satu laga. United kini mengemas 87 poin dari 37 pertandingan. Di posisi kedua duduk Liverpool yang mengoleksi 80 poin dari 36 pertandingan. Andai menang dalam dua laga sisa, The Reds -julukan Liverpool- tak mungkin menggusur United.

Itu adalah gelar ke-11 yang diraih United di era Premier League yang dimulai pada musim 1992/1993. Total, Setan Merah -julukan United- mengoleksi 18 gelar juara Liga Inggris. Raihan tersebut membawa United menyamai rekor Liverpool sebagai tim paling sukses di ranah Inggris.

"Bisa meraihnya (18 gelar) merupakan target utama klub kami sejak beberapa tahun lalu," kata Sir Alex Ferguson, pelatih United, sebagaimana dilansir Sky Sports. "Sejujurnya, saya tak pernah menyangka bisa memenangi sebelas kali trofi Premier League," tambahnya.

Sukses United tak bisa lepas dari figur Ferguson. Bagaimana tidak, sebelas trofi Premier League yang dikoleksi diraih bersama pelatih 67 tahun berkebangsaan Skotlandia itu. Sejak menangani Setan Merah pada 8 November 1986, Fergie -sapaan akrab Ferguson- mempersembahkan 33 trofi di berbagai ajang.

Saat menjamu Arsenal tadi malam, United sejatinya berharap menang. Itu akan melengkapi pesta juara yang sudah disiapkan sebelumnya. Tapi, serbuan tuan rumah yang dimotori Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan Carlos Tevez selalu membentur kukuhnya pertahanan The Gunners, julukan Arsenal.

Statistik mencatat tak satu pun tembakan ke arah gawang yang dilepaskan pemain United.

Di pihak lain, Arsenal yang sudah pasti finis di peringkat keempat bermain lebih efisien. Pelatih Arsenal Arsene Wenger, tampaknya, belajar banyak dari dua kekalahan sebelumnya di semifinal Liga Champions belum lama ini. "Dengan sedikit meminimalkan keteledoran di lini pertahanan, kami bisa mengimbangi lawan," ucap pelatih asal Prancis itu.

Dengan tambahan trofi Premier League, United kini telah mengoleksi tiga gelar musim ini. Sebelumnya, Gary Neville dkk berjaya di ajang Piala Dunia Antarklub di Jepang Desember 2008 dan Piala Carling pada 1 Maret lalu.

United masih berpeluang menambah satu gelar lagi di ajang Liga Champions. Berstatus juara bertahan, Setan Merah akan meladeni raksasa Spanyol Barcelona pada partai puncak Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma, Italia, 27 Mei nanti. Jika juara, United akan menorehkan sejarah sebagai klub pertama yang memenangi kejuaraan antarklub paling bergengsi di Eropa itu secara beruntun sejak 1992.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar