Minggu, 17 Mei 2009

Jika Ramalan 'Kaisar' Menjadi Kenyataan


Andi Abdullah Sururi - detiksport


Fans Bayern Munich (AFP/Sascha Schuermann)
Munich - Bayern Munich gagal memetik kemenangan dari Hoffenheim dan mengecil peluangnya mempertahankan gelar Bundesliga. Sepertinya ramalan Franz Beckenbauer akan jadi kenyataan.

Sosok legendaris yang berjulukan 'Kaisar' itu membuat tulisan analisis di harian Bild, yang dipublikasikan sebelum Bayern bertanding melawan Hoffenheim di Rhein-Neckar Arena kemarin malam, Sabtu (16/5/2009).

Beckenbauer mengisyaratkan ketidakyakinannya pada FC Hollywood untuk menjadi juara, meskipun saat artikel itu dibuat Bayern cuma kalah selisih gol dari pemuncak klasemen sementara, VfL Wolfsburg.

"Jangan heran kalau saya bakal senang bukan kepalang kalau Bayern menang. Tapi prediksi saya, (pelatih) Felix Magath dan Wolfsburg-nya yang akan juara, atau tim ibukota (Hertha Berlin)," demikian tulis mantan kapten dan pelatih timnas Jerman (Barat) tersebut.

Dari prediksinya itu, ia salah soal Hertha Berlin. Peluang Andriy Voronin dkk untuk juara lenyap karena tadi malam bermain 0-0 dengan Schalke di kandang sendiri. Dengan nilai 63, maksimal mereka menyudahi musim dengan 66 poin, tapi itupun takkan melewati Wolfsburg karena faktor selisih gol.

Tentang Wolfsburg dan Bayern, 'Kaisar' benar. Wolfsburg makin mantap memimpin kompetisi berkat kemenangan telak 5-0 atas Hannover, sedangkan Bayern ditahan Hoffenheim 2-2. Pada akhirnya ia mengatakan, "Saya akan puas kalau Bayern lolos otomatis ke Liga Champions."

Seusai laga melawan Hoffenheim, para petinggi Bayern rupanya tidak ada yang mengeluh. Mereka bisa menerima hasil tersebut dan tidak merasa perlu menyalahkan seseorang atau sesuatu.

"Kita baru saja menyaksikan game yang sangat bagus. Sayangnya, itu tak cukup untuk menang. Tapi saya rasa kami tidak bisa mengkritik tim hari ini. Situasinya sama seperti tahun 2000. Tapi saya tidak percaya Wolfsburg akan menyia-nyiakan peluangnya sekarang. Yang terpenting adalah kami lolos ke Liga Champions untuk kepentingan finansial dan citra kami. Kami harus bertahan di posisi kedua," tutur wakil presiden Karl-Heinz Rummenigge.

Senada dengan penilaian tersebut, manajer umum Uli Hoeness juga menganggap Phillip Lahm dkk sudah menampilkan permainan terbaiknya dalam menghadapi Hoffenheim. Begitu pula sebaliknya.

"Hiburan yang luar biasa untuk sepakbola. Kedua tim bermain menyerang dan mencoba memenanginya. Secara umum, terlepas dari 15 menit babak pertama, saya sangat puas dengan permainan anak-anak. Karakter kami sangat kuat," timpal pelatih interim Juup Heynckes dikutip dari situs resmi Bayern.

Dengan jarak dua angka dari Wolfsburg, Bayern wajib memenangi partai pamungkasnya melawan tim peringkat tiga, Stuttgart, di Allianz Arena. Stuttgart dipastikan tampil habis-habisan juga karena mereka punya angka yang sama dengan Bayern. Syarat lain adalah Wolfsburg harus kalah dari Werder Bremen.
( a2s / a2s )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

cat. artikel ini diambil dari www.detiksport.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar